Kumpulan Berbagai Berita

Hindari Kesalahan Dalam Internet Supaya Tetap Aman

Manusia saat ini tidak bisa dipisahkan dari internet. Hampit setiap kegiatan manusia membutuhkan bantuan internet. Oleh karena itu menjaga keamanan dewa poker dalam berinternet menjadi hal penting. Sedikit saja kesalahan bisa membahayakan diri anda dan terjerat di berbagai kejahatan dunia maya. Akun anda bisa direntas dan disalah gunakan begitu saja. ada banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna internet. Mereka tidak sadar kalau yang mereka gunakan salah. Sehingga menganggap wajar atau mungkin sudah dijadikan kebiasaan.  Inilah kesalahan berinternet yang harus dihindari.

Tidak Memakai Password Manager

Banyak orang yang seri lupa password. Apalagi buat orang yang memiliki banyak akun media sosial. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan password manager. Aplikasi ini digunakan untuk menyimpan password, sehinga lebih mudah digunakan. Bahkan password manager bisa digunakan untuk membuat kombinasi password yang rumit, sehingga akun media sosial anda tidak mudah direntas. Dengan memakai password manager bisa memakai password yang berbeda dari banyak akun media sosial tanpa takut lupa.

Password Yang Mudah

Supaya tidak mudah lupa, banyak orang yang membuat kombinasi password yang mudah. padahal password sebagai kunci keamanan media sosial anda.  kombinasi password yang mudah bisa direntas hacker dengan mudah. jangan gunakan tanggal lahir atau nama. Gunakan kombinasi angka dan huruf yang rumit, sehingga akun media sosial anda sulit untuk dihack. Selain itu gunakan kombinasi password minimal 6 angka dan huruf.

Terlalu Sering Memakai Wifi Umum

Kesalahan berinternet yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah terlalu sering memakai wifi umum. Ternyata memakai wifi umum beresiko akun mudah diretas. Boleh gunakan wifi umum, tapi jangan terlalu sering. Gunakan wifi di tempat umum seperlunya saja. jangan gunakan untuk membuka email atau akun media sosial yang terlalu privasi dan penting. Jika harus memakai wifi umum, jangan lupa untuk melakukan log out pada semua akun media sosial anda. sebelum anda memutuskan koneksi dengan wifi umum tersebut.

Tidak Memakai Otentifikasi Dua Faktor

Saat ini android semakin meningkatkan keamanan penggunanya. Salah satunya dengan fitur otentifikasi dua faktor. Untuk meningkatkan keamanan berinternet, lebih baik aktifkan otentifikasi dua faktor di sosial media anda. dengan memakai fitur ini, akun media sosial anda semakin sulit untuk direntas. Apalagi jika anda sudah memakai kombinasi password yang sulit. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna harus memasukan kode khusus jika ingin masuk ke akun media sosial tersebut.

Tidak Pernah Update Sistem Operasi

Setiap jenis sistem operasi entah itu android atau ios, pasti akan selalu mengupdate fiturnya. Ada yang satu minggu sekali, satu bulan atau satu tahun. banyak orang yang malas untuk mengupdate sistem operasi handphonenya. Padahal ini bisa menjaga keamanan akun anda. dengan mengupgrade os akan meningkatkan keamanan pada handphone. Misalnya pada kasus virus wanna cry kemarin, dengan mengupgrade os membuat perangkat tidak mudah terserang virus dan terhindar dari hacker.

Banyak pengguna internet yang sering melakukan kesalahan berinternet diatas. Apdahal saat ini menjaga keamanan internet sangat penting. Banyak kejahatan yang terjadi dari penggunaan internet. Seperti kasus penipuan uang, penggunaan akun yang disalahgunakan dan masih banyak lainnya. sebagai pengguna yang cerdas harus bisa menghindari semua kesalahan tersebut. sehingga semua akun media sosial anda tetap aman dan bebas dari penipuan.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *