Kumpulan Berbagai Berita

Sport tourism sebagai upaya promosi wisata Indonesia

Travelling memang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern saat ini dengan berbagai gaya serta aktifitas liburan. Aktivitas wisata yang mulai banyak diminati dan kabarnya akan menjadi trend baru dalam liburan adalah sport tourism atau pariwisata berbasis olahraga. Menurut Deputi Pemasaranan Mancanegara kementrian Pariwisata, I Gde Pitana, ini terbukti dari semakin banyaknya gelaran sport tourism di tanah air baik yang berskala nasional hingga internasional misalnya, Ironman 70.3 Bintan pada bulan Agustus 2017 mendatang.

 

Sport tourism untuk memajukan wisata Indonesia

Masih menurut I Gde Pitana, bahwa melalui Kementrian Pariwisata RI pemerintah memang sudah sejak lama merencanakan beragam tujuan wisata untuk sport tourism tersebut. Peluang ini semakin dikembangkan mulai dari masa kepemimpinan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Lebih lanjut dikatakan bahwa sport tourism memang konsep yang sudah sejak lama ada tetapi baru dipopulerkan habis-habisan pada masa Arief Yahya. Event-event yang digelar dalam rangka promosi tersebut adalah Ironman 70.3, Tour de Bintan, hingga Borobudur Marathon.

 

Wisata berbasis olahraga ini sangat potensial karena telah menjadi gaya hidup. Para wisatawan serta pecandu olahraga rela mengikuti beragam gelaran togel online marathon atau kegiatan liburan olahraga lainnya (misalnya bersepeda) baik pada destinasi wisata di dalam atau luar negeri. Dalam mengembangkan sport tourism di dalam negeri, pemerintah banyak menduplikasi ajang serupa di berbagai Negara misalnya Gold Coast serta Tokyo.

 

Pitana melanjutkan, bahwa potensi sport tourism ini cukup besar karena wisatawan yang datang berkualitas tinggi apalagi mereka juga membawa anggota keluarga serta supporter untuk mendukung “sang atlet”. Bila merasa puas akan layanan wisata tersebut mereka pasti akan kembali saat ada event serupa. Pada tahun lalu tercatat ada sekitar 2 juta wisatawan asing yang berkunjung ke Riau, terutama Bintan demi mengikuti ajang Bintan Ironman. Jumlah tersebut adalah sekitar17% dari keseluruhan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tanah air di tahun lalu.

 

Beragam event pariwisata berkonsep sport tourism

Selain beberapa event di atas inilah beberapa gelaran wisata sport tourism yang pernah diadakan di Indonesia.

 

Mekaki Marathon

Lomba lari yang dilaksanakan di kawasan Teluk Mekaki Lombok Barat NTB ini pada 30 april 2017 ini memang memberikan pengalaman olahraga yang berbeda bagi para pesertanya. Tak hanya beradu cepat, mereka juga akan disuguhi pemandangan yang memanjakan mata dengan keindahan kawasan Teluk Mekaki. Selama ini Lombok Barat identik dengan pantai Senggigi walaupun sesungguhnya banyak destinasi wisata lain yang juga tak kalah cantik dengan pantai  tersebut. Kategori lomba yang dipertandingkan di sini adalah 5 K,10 K, half marathon, dan full marathon.

 

Bogor Sundown Marathon

Event olahraga ini digelar di kawasan Kebun Raya Bogor sebagai race village dengan setiap sudutnya yang menyuguhkan panorama cantik. Saat melalu trek banyak peserta yang tak tahan untuk tak berfoto terlebih dahulu. Para pelari mancanegara yang turut meramaikan event ini berasal dari Singapura, Malaysia, Nigeria,  Kenya, hingga Jerman.

 

Mandiri Jakarta Marathon

Event olahraga yang digelar di tahun lalu ini adalah kerja sama antara Pemerintah DKI Jakarta serta Kementrian Pariwisata. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan nilai jual ibukota sebagai tujuan wisata tak hanya bagi turis lokal tetapi juga wisatawan asing. 5 nomor yang dilombakan pada event ini adalah Marathon 42 K, Half Marathon 21 K, 10 K, serta 5 K. Rute yang harus dilalui peserta juga yang

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *