Kumpulan Berbagai Berita

Jadi Juara Dunia F1 2017, Lewis Hamilton Tunggak Pajak Rp 58 M?

Pebalap asal Inggris, Lewis Hamilton memang sedang bahagia. Pria berusia 32 tahun kebanggaan tim Mercedes itu akhirnya keluar sebagai juara dunia F1 2017 secara dramatis pada hari Senin (30/10) dini hari. Disebut dramatis karena Hamilton hanya mampu finish di posisi kesembilan pada balapan GP Meksiko. Mengoleksi 333 poin, Hamilton bahkan sudah tak terkejar dari pesaing terdekatnya, Sebastian Vettel yang kalah 56 angka, seperti dilansir Bola.com.

 

Usai kemenangan Hamilton, Vettel kemudian mengumumkan bahwa dirinya absen dari Race of Champions di stadion King Fadh, Riyadh, Arab Saudi pada Januari 2018 nanti. Dari penjelasannya, Vettel rupanya memilih fokus untuk mempersiapkan balapan musim 2018 bersama Ferrarti dengan bekerja di simulator tim. Dalam wawancaranya dengan Sport Bild, Vettel berpendapat, “Target saya masih tetap membawa Ferrari kembali ke puncak. Saya pikir akan menjadi hal yang ajaib bila membawa gelar ke Maranello seperti halnya saat Michael Schumacher melakukan hal tersebut. Dia masih jadi inspirasi utama saya.”

 

F1 musim 2017 sendiri masih menyisakan dua seri yakni GP Brasil pada Minggu (12/11) dan GP Abu Dhabi pada Minggu (26/11). Dan pada Sabtu (4/11) pekan lalu, pebalap asal Brasil dari tim Williams yakni Felipe Massa mengumumkan bahwa dia akan pensiun di akhir musim 2017. Massa sebetulnya sudah ingin pensiun di akhir 2016 tetapi kembali memperkuat Williams untuk satu musim terakhir karena Valtteri Bottas yang hengkang ke Mercedes.

 

Lewis Hamilton Yang Akhirnya Berpesta

 

Meraih gelar juara dunia keempat, Hamilton memang patut berbahagia. Sebelumnya mantan pebalap McLaren itu sudah menjadi juara dunia di musim 2008 saat dia masih berusia 23 tahun lalu di musim 2014 dan 2015. Dengan hasil ini Hamilton sejajar dengan Vettel dan Alain Prost yang sudah memiliki empat gelar juara dunia F1.

 

Pesta kemenangan memang wajar dilakukan oleh Hamilton. Namun dirinya juga tak lupa untuk membuat banyak perempuan menjerit lewat aksinya di majalah olahraga Italia, Sportweek. Tampil di sampul depan, Hamilton terlihat bertelanjang dada dengan memamerkan kalung dan cincin bertabur berlian. Sportweek pun menuliskan tajuk Il mio potere è essere libero yang berarti ‘Kekuatan saya adalah untuk menjadi bebas’.

 

Paradise Papers Tulis Tunggakan Pajak Hamilton Rp 58 M

 

Di sela-sela kebahagiaan Hamilton kembali jadi juara dunia, kabar tak sedap pun muncul. Karena Hamilton dilaporkan tercantum dalam dokumen skandal penyelewengan pajak tokoh-tokoh dunia yang diterbitkan Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional, Paradise Papers. Hamilton diduga menghindari Pajak Perpindahan Nilai alias VAT mengenai kepemilikan pesawat jet pribadinya, Bombardier Challenger 605.

 

Dilaporkan oleh The Guardian hari Selasa (7/11), Bombardier Challenger 605 itu dibeli Hamilton seharga 16,5 juta poundsterling (sekitar Rp 292 miliar) dari Kanada pada tahun 2013 lalu. Mengikuti arahan penasehat keuangannya, Hamilton dituding memakai skema bisnis fiktif untuk menghindari VAT Eropa sebesar 20% dari harga beli. Di mana Hamilton memanfaat celah skema pembayaran pajak togel online di Isle of Man yang masuk teritori Inggris, yakni pesawat jet yang digunakan untuk kepentingan bisnis akan mendapatkan refund penuh.

 

Untuk itu Hamilton sampai mendirikan tiga perusahaan cangkang di British Virgin Island, Guernsey dan Isle of Man demi menyewakan pesawat jet pribadinya. Padahal ternyata jet itu dipakai Hamilton untuk keperluan pribadi, alih-alih bisnis dan membuatnya untung 58 miliar rupiah.

 

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *