Kumpulan Berbagai Berita

Kiat Sukses Industri Kreatif Inacraftala Jokowi

Presiden Joko Widodo memberikan pendapatnya mengenai cara sukses untuk para pelaku industri kreatif saat membuka pameran Inacraft 2017.

Tips dari jokowi dalam melancarkan industri kreatif

Orang nomor 1 di Indonesia ini mengungkapkan ada sejumlah jurus jitu agar pelaku industri kreatif bisa sukses dalam berbisnis utamanya ketika membuka pameran Inacraft 2017 di Jakarta Convention Center pada hari Rabu 26 April 2017 lalu.

Salah satu pesan yang di berikan yakni supaya seluruh pengusaha industri kerajinan, industri kreatif Indonesia untuk terus memperhatikan produknya agar on-spec sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan pembeli. Hal ini akan menjadi daya tari tersendiri bagi pembeli, walaupun pamerannya akan berlangsung pada pada 26-30 April 2017. Lebih mengejutkan bahwa melibatkan 1.392 peserta dari Indonesia dan luar negeri yang bergabung.

Terkait produk harus on-budget artinya harganya harus sesuai dengan anggaran yang ada di masyarakat dan pembeli dan kalau bisaon-timedelivery artinya pengirimannya barang yang tepat waktu, sehingga tidak mengecewakan pembeli

Saat ini pemerintah sedang melakukan upaya keras untuk membenahi kualitas infrastruktur distribusi logistik, ini menjadi kesempatan besar bagi pelaku industri kreatif untuk memanfaatkan sarana ini guna semakin mempercepat waktu pengiriman barang ke konsumen.

Jokowi juga mengingatkan agar kualitas pengemasan produk dalam industri kerajinan menjadi faktor penting yang tidak di sepelekan untuk mendongkrak penjualannya. Menurut dia pembeli kerap memperhatikan daya tarik Judi Bola dari segi kemasan juga. Maka harus dibuat sebagus mungkin, semenarik mungkin, dan yang paling penting mampu membuat pembeli jatuh cinta pada pandangan pertama.

Terakhir, Jokowi mengatakan semua pelaku industri kreatif harus cermatdan pandai dalam mengamati tren produk di pasaran supaya produknya dapat laris. Tren itu bisa di sebut sebagai modelnya, bisa warnanya, bisa kemasannya, bisa materialnya. Contohnya seperti kemasan Inacraft pada awal 2000-an yang berbeda dengan situasi pameran tahun ini.

Kalau dulu ada rotan yang di campur dengan bambu saat ini sudah berubah, biasanya produk yang bahannya dari sumber daya alam Indonesia menjadi kekuatan Inacraft, maksudnyafulllocalcontent (bahan lokal). Adanya semua itu memang di perlukan waktu yang lama untuk menata fokus industri kreatif nasional. Sampai saat ini, produk Indonesia baru menguasai 1,4% dari total pasar industri kreatif global.

Janji jokowi kepada rakyat

Untuk mendorong peningkatan kucuran dana program kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga ringan, jokowi berjanji untuk membantu kesulitan pelaku industri kreatif dalam hal permodalan. Dia mengakui masalah modal memang selama ini membelit sebagian besar pelaku industri kreatif. Saat ini program kredit usaha rakyat hanya memberikan bunga 9% saja. Jadi harus dikalkulasi terlebih dahulu kalau ingin memperbesar investasi, memperbesar usaha, menguatkan modal.

Kabarnya Inacraft 2017 akan mengambil ikon Daerah Istimewa Yogyakarta dengan konsep “Magnificentof Jogjakarta” dan tema “FromSmartVillageto Global Market”. Salah satu produk yang ditawarkan adalah kekayaan bangsa Indonesia sendiri seperti batik, fashion, asesoris dan perhiasan serta produk kerajinan tangan lainnya.

Data Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) penyelenggara Inacraft 2017, menyebutkan peserta pameran mencapai 65,95% peserta mandiri atau individu, 24,5% peserta dari dinas pariwisata, 8,7% peserta binaan BUMN, dan sisanya 6,07% dari luar negeri seperti Myanmar, Jepang, Pakistan, Polandia dan India. Tahun ini Inacraft menargetkan ada kenaikan bisnis retail (eceran) 10% dari tahun lalu atau senilai Rp142 miliar dan kontrak dagang 12 juta dolar AS. Selain itu, targetnya mendatangkan 200 ribu pembeli dari dalam negeri dan puluhan negara lainnya.

 

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *