Kumpulan Berbagai Berita

Dihancurkan Korsel & Malaysia, Indonesia Tetap Lolos Piala Asia 2018

Tampil cukup bersinar di ajang Piala AFF U-18 pada bulan September lalu, Timnas U-19 memang tengah berada di bawah sorotan lampu. Tak ingin membuat para penggemar yang sudah mengelu-elukan mereka kecewa, Timnas U-19 membuka pertandingan mereka di Grup F dengan membantai Brunei Darussalam hari Selasa (31/10) sebanyak 5-0.

 

Tren kemenangan inipun kembali dilanjutkan oleh anak asuh Indra Sjafri itu pada hari Kamis (2/11) pekan lalu dengan melibas Timor Leste 5-0 pula. Egy lagi-lagi menjadi bintang lapangan karena mencatatkan hattrick alias tiga gol dalam pertandingan tersebut. Atas raihan dua kemenangan ini, Indonesia pun bertengger di puncak klasemen Grup F dengan poin enam yang sempurna. Mereka pun mampu mencatatkan 10 gol tanpa kebobolan sama sekali.

 

Kalah Memalukan Dari Korsel dan Malaysia

 

Hanya saja senyuman Timnas U-19 akhirnya layu hari Sabtu (4/11). Kali ini tim yang mereka lawan adalah salah satu klub sepakbola terbaik di Asia, Korea Selatan. Melawan tuan rumah, giliran Indonesia tak berkutik sama sekali dan harus menelan kekalahan 0-4, seperti dilansir Kompas.

 

Dalam pertandingan melawan Korea Selatan, Indonesia sebetulnya sudah memperlihatkan semangat juang tinggi di babak pertama setelah Um Won Sang mencetak gol kejutan pada menit kesembilan. Skor 1-0 pun bertahan hingga istirahat. Namun di babak kedua, Aqil Savik harus memungut tiga buah bola tendangan Oh She Hun di menit ke-58, Won Sang lagi di menit ke-61 dan Lee Jae Ik di menit ke-78. Meskipun Egy Maulana diturunkan di awal babak kedua oleh pelatih Indra, Garuda Nusantara harus benar-benar menyadari jika anak asuh Chung Jung Yong ini memiliki kualitas di atas Timnas Indonesia.

 

Nasib buruk pun kembali dirasakan Indonesia dalam babak pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Bertanding di stadion Paju hari Senin (6/11) kemarin, giliran negara tetangga Malaysia yang mempermalukan Indonesia 1-4. Terdengar menyedihkan karena baru tujuh menit pertandingan berjalan, Malaysia melesakkan gol tendangan penalti poker online dari Muhammad Hadi Fayyadh yang mengecoh kiper Gianluca Pagliuca.

 

Malaysia pun menggandakan kemenangan menjadi 2-0 pada menit ke-34 saat Muhammad Akhyar Abdul Rashid berhasil lolos dari jebakan off-side dan menerima umpan lambung Nik Akif Syahiran. Asa pemain Indonesia terangkat saat Firza Andika melepaskan tendangan jarak jauh pada menit ke-43. Bola yang terlepas dari tangkapan kiper Malaysia, Azri Ghani itu disambut oleh Hanis Saghara yang membuat skor jadi 1-2. Pelatih Indra lagi-lagi menurunkan Egy di awal babak kedua tapi tetap tak memberikan dampak positif. Malaysia bahkan menambah dua gol pada menit ke-47 oleh Shivan Asokan dan menit ke-52 lewat penalti M Hadi Fayyadh.

 

Timnas U-19 Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2018

 

Dua kekalahan memalukan dari Korsel dan Malaysia memang merupakan bukti kalau Timnas U-19 masih harus banyak berlatih. Untung saja kedua kekalahan itu tak mempengaruhi status Indonesia ke putaran final tahun 2018. Menjadi tuan rumah turnamen Piala Asia U-19 2018 pada, Indonesia memang langsung lolos. Ajang ini sendiri bakal digelar pada 18 Oktober – 4 November 2018.

 

Selain Indonesia, ada tiga negara lain yang sudah lolos yakni Uni Emirates Arab sebagai juara Grup A, China dari Grup G dan Vietnam dari  Grup H. Akan ada 16 negara yang dibagi dalam empat grup bertanding di ajang Piala Asia U-19 2018 nanti.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *